Hukum

Pembangunan Perpustakaan Gresik Terancam Mangkrak, Ada Dugaan Ketidakberesan

GRESIK – Gedung Perpustakaan Gresik di Jl Jaksa Agung Suprapto terancam mangkrak. Dalam kontrak semestinya pembangunan bangunan fisik itu harus selesai terakhir tanggal 15 oktober 2021, tapi sampai hari ini Jumat (1/10) pengerjaan belum sampai 30 persen.

Pemenang tender perpustakaan ini adalah CV Mawar Putih. Dana berasal dari anggaran Pemerintah Pusat Jakarta senilai Rp 1.7 M

CV Mawar Putih ini kabarnya sudah mendapatkan uang muka pengerjaan sebesar Rp500 Juta.

“Namun anehnya CV Mawar Putih ini bisa menang tender meskipun alamat kantornya berbeda atau tidak sesuai. Jadi kantor CV Mawar Putih itu adalah rumah milik orang lain yang dikontrak, dan sudah dua tahun lalu sudah tidak ditempati oleh management CV Mawar putih” demikian Ade salah satu subkon kepada awak media Kamis (1/10).

Yang lebih meresahkan lagi adalah para subkon yang belum dibayar padahal pengerjaan sudah dipenuhi dan sesuai kontrak.

Masih menurut Ade sebenarnya anggaran sudah dipegang oleh Kepala Dinas Perpustakaan Gresik. “Tapi entah mengapa kami ini belum mendapatkan pembayaran katanya.

Adapaun yang belum dibayar oleh pihak CV Mawar Putih antara lain sub kontraktor scafolding Rp69 juta, Jayamix Rp79 juta, Subkon sipil Rp 45jt + 39jt. “Bagian saya sebesar Rp60 juta juga sudah kami keluarkan saat menjadi subkon ACP ,” katanya.

Bagaimana ini pengawas proyek atau dinas terkait? Proyek kok dikerjakan asal-asalan?**

Share this :