Doa-DoaEsaiHeadline

Fadhilah Sholawat Ibrahimiyah

AFINEWS.CO.ID| Sh0lawat merupakan doa untuk Nabi Muhammad SAW dan sekaligus doa untuk diri sendiri bagi pembacanya. Bahkan bukan hanya manusia saja yang bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW, ALLAH SWT dan juga para Malaikat pun bersholawat kepada Nabi  Muhammad SAW.

Dalam Alquran surat Al Ahzab ayat 56, Allah berfirman:

Innallaaha wa malaa’ikatahu yusalluna ‘alan-nabiyy, yaa ayyuhallaziina aamanu sallu ‘alaihi wa sallimu tasliimaa

Artinya:
“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”

Sungguh betapa pentingnya sholawat bagi kita umat manusia agar kelak pada saat di padang Mahsyar mendapat pertolongan dan syafa’at baginda besar Nabi Muhammad SAW. Tentunya kita sudah tahu bahwa sholawat memiliki berbagai macam fadhilah (keutamaan). Ada banyak macam shalawat salah satunya yaitu sholawat Ibrahimiyah.

Adapun Fadhilah (keutamaan) membaca sholawat Ibramiyah, yaitu :

Rasulullah bersabda:

“Sesungguhnya lebih utama bagiku manusia besok pada hari kiamat, adalah mereka yang lebih banyak membaca Salawat kepadaku.” (HR. Turmudzi dari Ibn’ Mas’ud Ra)

Barangsiapa yang membaca shalawat ini (ibrahimiyah) maka aku bersaksi baginya di hari kiamat dengan kesaksian dan aku memberi syafaat baginya.” (HR. Imam Bukhari)

“Barang siapa yang bershalawat kepadaku satu kali, niscaya Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali dan dihapus darinya sepuluh kesalahan, diangkat baginya sepuluh derajat.” (HR. An-Nasa’I no. 1296)

Sungguh beruntung orang yang selalu bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW dari hadist diatas dapat kita ketahui bahwa fadhilah (keutamaan) sholawat nabi sangatlah besar manfaatnya. mudah-mudahan kita semua mendapatkan pertolongan dan syafa’at pada yaumul qiyamah, AAmiinn AAmiinn Ya Robbal Aalamiin…..

BACAAN SHOLAWAT IBRAHIMIYAH

“Allohumma solli ‘alaa muhammad, wa ‘alaa aali muhammad, kamaa sollaita ‘alaa aali ibroohim, wa baarik ‘alaa muhammad, wa ‘alaa aali muhammad, kamaa baarokta ‘alaa aali ibroohim, fil ‘aalamiina innaka hamiidummajiid.”

Artinya:
“Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan untuk Nabi Muhammad. Dan juga limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat dan keselamatan kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim.

Limpahkanlah keberkahan kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah melimpahkan keberkahan kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim. Di seluruh alam semesta, sesungguhnya Engkau adalah Maha Terpuji lagi Maha Agung.”

Share this :