BisnisPengetahuan

TEORI TINGKATAN STRATEGI

afinews.co.id | Surabaya – Tingkatan Strategi 

 Hierarki Strategi

Strategi Perusahaan Ini menggambarkan arah keseluruhan perusahaan menuju pertumbuhan dengan mengelola bisnis dan lini produk. Ini termasuk stabilitas, pertumbuhan dan penghematan. Misalnya, Coca Cola, Inc., telah mengikuti strategi pertumbuhan dengan akuisisi. Ini telah mengakuisisi unit pembotolan lokal untuk muncul sebagai pemimpin pasar.

Strategi Bisnis Biasanya terjadi pada unit bisnis atau tingkat produk yang menekankan pada peningkatan posisi kompetitif produk atau jasa suatu perusahaan dalam suatu industri atau segmen pasar yang dilayani oleh unit bisnis tersebut. Strategi bisnis termasuk dalam ranah strategi perusahaan. Untuk Misalnya, Apple Computers menggunakan strategi bersaing diferensiasi yang mengedepankan produk inovatif dengan desain kreatif.

Strategi Fungsional Ini adalah pendekatan yang diambil oleh area fungsional untuk mencapai tujuan dan strategi perusahaan dan unit bisnis dengan memaksimalkan produktivitas sumber daya. Ini berkaitan dengan pengembangan dan pemeliharaan kompetensi yang berbeda untuk memberikan keunggulan kompetitif bagi perusahaan.

Strategi Operasi Ini berkaitan dengan bagaimana bagian-bagian komponen organisasi menyampaikan secara efektif strategi tingkat korporat, bisnis dan fungsional dalam hal sumber daya, proses dan orang. Mereka berada di tingkat departemen dan menetapkan target pencapaian jangka pendek secara berkala.

Menyusun Strategi  Perusahaan dan ahli strategi menyusun strategi dengan cara yang berbeda. Dalam kasus ekstrem, hanya Ketua merangkap Direktur Pelaksana yang menyusun strategi. Tetapi di perusahaan, yang memiliki gaya manajemen partisipasi, ini adalah latihan kelompok atau tim yang melibatkan personel kunci dan semua eksekutif fungsional dalam organisasi.

Pada dasarnya ada empat pendekatan untuk menyusun strategi, di antaranya :

  1. Pendekatan CEO :

Seseorang  Pemilik atau CEO mengambil peran sebagai kepala strategi dan kepala wirausahawan, seorang diri membentuk sebagian besar atau semua bagian utama dari strategi. Ini tidak berarti bahwa satu orang adalah pencetus semua ide yang mendasari strategi yang dihasilkan atau melakukan semua pengumpulan dan analisis data latar belakang: mungkin ada banyak curah pendapat dengan bawahan dan analisis yang cukup besar oleh departemen tertentu.

Pendekatan CEO untuk pembentukan strategi adalah karakteristik perusahaan yang telah didirikan oleh CEO perusahaan saat ini. Michael Dell di Dell Computer, Steve Case di America Online, Bill Gates di Microsoft, dan Howard Schultz di Starbucks adalah contoh menonjol dari CEO korporat yang bekerja keras dalam membentuk strategi perusahaan mereka.

2. Pendekatan Delegasi :

Di sini manajer yang bertanggung jawab mendelegasikan sebagian besar tugas pembuatan strategi kepada bawahan terpercaya, manajer lini bawah yang bertanggung jawab atas unit dan departemen bisnis utama, gugus tugas tingkat tinggi yang terdiri dari orang-orang yang berpengetahuan dan berbakat dari banyak bagian. perusahaan, tim kerja mandiri dengan otoritas atas proses atau fungsi tertentu, atau, lebih jarang, tim konsultan yang dibawa secara khusus untuk membantu mengembangkan inisiatif strategis baru.

3. Pendekatan Kolaboratif atau Tim :

Ini adalah pendekatan tengah ketika oleh seorang manajer dengan tanggung jawab pembuatan strategi meminta bantuan dan nasihat dari rekan-rekan dan bawahan kunci dalam menyusun strategi konsensus. Tim strategi sering kali terdiri dari manajer lini dan staf dari berbagai disiplin ilmu dan unit departemen, beberapa staf junior yang dipilih sendiri yang dikenal karena kemampuan mereka untuk berpikir kreatif, dan veteran yang hampir pensiun yang terkenal sebagai pengamat yang tajam, mengatakan apa adanya, dan memberikan nasihat bijak.

Electronic Data Systems melakukan tinjauan strategi selama setahun yang melibatkan 2.500 dari 55.000 karyawannya dan dikoordinasikan oleh 150 manajer dan staf inti dari seluruh dunia. Nokia Group, pemimpin global telekomunikasi nirkabel yang berbasis di Finlandia, melibatkan 250 karyawan dalam tinjauan strategi tentang bagaimana berbagai teknologi komunikasi berkumpul, bagaimana hal ini akan memengaruhi bisnis perusahaan, dan tanggapan strategis apa yang diperlukan.

4. Pendekatan Pengusaha Korporat :

Dalam pendekatan wirausaha korporat, manajemen puncak mendorong individu dan tim untuk mengembangkan dan memperjuangkan proposal untuk lini produk baru dan usaha bisnis baru. Idenya adalah untuk melepaskan bakat dan energi wirausahawan korporat yang menjanjikan, membiarkan mereka mencoba bisnis ide dan mengejar inisiatif strategis baru.

Para eksekutif bertindak sebagai juri yang proposalnya pantas mendapat dukungan, memberikan dukungan organisasi dan anggaran yang dibutuhkan kepada pengusaha perusahaan, dan membiarkan mereka bekerja keras WL Gore & Associates, sebuah perusahaan milik pribadi yang terkenal dengan Gore-Tex-nya film waterproofing, adalah praktisi yang rajin dan sangat sukses dari pendekatan intrapreneur korporat dalam pembuatan strategi. Gore mengharapkan semua karyawan untuk memulai perbaikan dan menampilkan inovasi.

 

 

Share this :