BisnisPengetahuan

STRATEGI PERUSAHAAN

afinews.co.id | Surabaya – Teori Strategi Perusahaan

Pengertian Strategi Perusahaan

Strategi adalah tujuan jangka panjang dari suatu perusahaan, serta pendayagunaan dan alokasi semua sumber daya yang penting untuk mencapai tujuan tersebut (Chandler, 1962).

Pemahaman yang baik mengenai konsep strategi dan konsep-konsep lain yang berkaitan, sangat menentukan suksesnya strategi yang disusun.

Konsep – Konsep Strategi adalah sebagai berikut:

  1. Distinctive Competence: Tindakan yang dilakukan oleh perusahaan agar dapat melakukan kegiatan lebih baik dibandingkan dengan pesaingnya.
  2. Competitive Advantage: Kegiatan spesifik yang dikembangkan oleh perusahaan agar lebih unggul dibandingkan dengan pesaingnya.

Empat Frasa Penting Strategi Manajemen

  1. Suatu proses yang terdiri atas beberapa langkah terencana yang melibatkan manajemen dalam organisasi mulai pimpinan tertinggi sampai karyawan terbawah.
  2. Proses digunakan untuk merumuskan visi dan misi, menetapkan tujuan strategi dan memilih strategi yang cocok untuk mencapai tujuan jangka pendek maupun jangka panjang.
  3. Proses digunakan sebagai landasan untuk menjalankan strategi demi menyediakan customer value terbaik.
  4. Pelaksanaan strategi harus selalu dievaluasi untuk menilai apakah hasil yang dicapai sesuai dengan rencana dan perkembangan terbaru.

Tujuan Strategi Perusahaan

  1. Untuk mengevaluasi dan menjalankan strategi yang sudah dipilihnya dengan cara efektif dan efisien.
  2. Untuk melakukan evaluasi kinerja, meninjau, mengkaji ulang, melaksanakan penyesuaian dan mengoreksi apabila terdapat kesalahan atau penyimpangan dalam pelaksanaan suatu strategi.
  3. Memperbaharui strategi yang telah dirumuskan agar sesuai dengan perkembangan lingkungan eksternal.
  4. Untuk meninjau kembali dari kekuatan, kelemahan, peluang dan juga ancaman bisnis yang ada.
  5. Agar bisa melaksanakan inovasi atas produk maupun barang supaya sesuai dengan selera dari konsumen.

Konsep strategi – Stoner, Freeman dan Gilbert  Jr (1995)

Didefinisikan berdasarkan dua perspektif berbeda yaitu:

  1. Perspektif apa yang suatu organisasi ingin lakukan (intends to do)

Strategi dapat didefinisikan sebagai program untuk menentukan dan mencapai  tujuan organisasi dan mengimplementasikan misinya.

Makna yang terkandung dari strategi ini adalah bahwa para manajer memainkan peran yang aktif, sadar dan rasional dalam merumuskan strategi organisasi.

  1. Perspektif apa yang organisasi harus lakukan (eventually does)

Strategi dibeginikan sebagai pola tanggapan organisasi terhadap lingkungannya sepanjang waktu.

Tingkatan Strategi Perusahaan

  1. Strategi Korporasi, menggambarkan arah keseluruhan perusahaan secara umum terhadap pertumbuhan dan pengelolaan bermacam-macam unit bisnis maupun variasi produk yang dihasilkan perusahaan.
  2. Strategi Unit Bisnis, diarahkan kepada pengelolaan kegiatan dan operasi suatu bisnis tertentu.
  3. Strategi Fungsional, strategi dalam kerangka fungsi-fungsi manajemen (terdiri atas Research & Development, keuangan, produksi, dan lain-lain) yang dapat mendukung strategi level unit bisnis.

Variabel – Variabel Kunci Dalam Implementasi Strategi

  • Variabel kunci internal

Pada dasarnya merupakan titik-titik risiko dalam keseluruhan sistem dan suatu organisasi tempat kegiatan-kegiatan dapat lepas kendali atau menyimpang dari rencana manajemen.

  • Variabel kunci eksternal

Adalah faktor-faktor yang sebagian besar di luar kendali langsung organisasi. Terhadap variabel – variabel ini seperti, elastisitas permintaan terhadap harga produk atau laju perkembangan teknologi suatu produk atau proses, organisasi harus lebih berusaha menyesuaikan diri daripada mengubahnya.

Strategi Korporasi ( Corporate Strategy Adalah Strategi yang berkaitan dengan pilihan arah perusahaan secara keseluruhan, serta pengelolaan portofolio bisnis dan produk.

Strategi ini merupakan orientasi menyeluruh perusahaan terhadap pertumbuhan ( growth ), stabilitas ( stability ), atau penghematan ( retrenchment ).

Strategi ini berusaha mengeksploitasi kompetensi khusus perusahaannya dengan mengadopsi pendekatan portofolio terhadap manajemen bisnisnya dan mengembangkan rencana jangka panjang, umumnya untuk periode tiga sampai lima tahun.

 

Terima kasih, Semoga Bermanfaat 🙂

 

 

Share this :