Nasional

JOKOWI RESPON DUA PUTERANYA MASUK CAWALKOT SURAKARTA

AFINEWS.CO.ID|JAKARTA, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengomentari masuknya nama Gibran Rakabuming Bumi dan Kaesang Pangarep di calon walikota Surakarta untuk periode 2020-2025. Hasto mengatakan partainya akan melihat kedua peluang itu.

Hasto Kristiyanto mengatakan, partai akan melakukan pemetaan politik dengan hati-hati terkait peluang itu. Dia mengatakan, partai juga akan menjaring usulan dari PAC, DPC, hasil tes psikologi untuk kandidat, wawancara, survei ke sekolah partai.

“Prinsipnya pemilu adalah momen bagi PDIP untuk memperkuat mekanisme institusionalisasi kelembagaan dalam menghasilkan pemimpin yang baik,” kata Hasto di Jakarta, Sabtu (27/7).

Mantan sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) mengatakan bahwa pemilihan 2020 akan dibahas di kongres. Dia melanjutkan, partai akan membahas bagaimana mempersiapkan PDIP untuk menghadapi pemilihan 2020.

Nama-nama Gibran dan Kaesang dimasukkan dalam pertukaran calon walikota Surakarta berdasarkan survei yang dilakukan oleh Laboratorium Kebijakan Surakarta Publik Universitas Slamet Riyadi (Unisri). Survei menguji tiga kategori, yaitu popularitas, akseptabilitas, dan elektabilitas. Dari kategori popularitas, nama Gibran muncul dengan jumlah popularitas tertinggi.

Presiden Jokowi kemudian mengakui bahwa dia akan mendukung apa pun keputusan putranya, termasuk jika mereka masih memilih untuk melanjutkan bisnis mereka. Ia mengaku bahagia dan akan memberi kebebasan bagi anak-anaknya untuk membangun karier.

“Ya, saya membacanya semalam, saya membaca survei. Ya, saya senang. Mereka adalah anak-anak mandiri. Mau bisnis, ya silahkan, mau jual pisang silahkan. jual martabak silahkan,” kata Jokowi. (*)

Share this :