Nasional

SURABAYA RAIH PENGHARGAAN KOTA LAYAK ANAK

AFINEWS.CO.ID|MAKASSAR, Kota Surakarta, Surabaya dan Denpasar memenangkan gelar utama dalam penghargaan 2019 kabupaten / kota layak anak yang diberikan di Makassar, Sulawesi Selatan pada hari Selasa, 23 Juli 2019.

“Selamat kepada penerima penghargaan. Semoga tahun depan bisa lebih baik,” kata Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Susana Yembise, pada malam anak-anak pemenang penghargaan kabupaten / kota 2019, seperti dikutip dari Antara, Rabu (24/7/2019).

Penghargaan untuk kabupaten / kota layanan anak terdiri dari lima predikat, yaitu pratama, madya, nindya, utama, dan kabupaten / kota yang memenuhi syarat untuk anak-anak. Tidak ada kabupaten / kota di Indonesia yang mampu meraih gelar kabupaten / kota yang layak anak.

Pada tahun-tahun sebelumnya, pemenang gelar utama hanya dimenangkan oleh dua kota yaitu Surakarta dan Surabaya. Denpasar yang dipilih membuat predikat utama meningkat.

Sementara itu, sebanyak 135 kabupaten / kota di Indonesia memenangkan gelar pratama, 86 kabupaten / kota memenangkan gelar sekunder, dan 23 kabupaten / kota memenangkan predikat nasional.

“Penghargaan itu adalah komitmen negara untuk menjamin perlindungan anak, termasuk kewajiban pemerintah daerah untuk melakukan perlindungan anak,” kata Yohana.

Jumlah Kabupaten / Kota yang Menerima Penghargaan Meningkat

Jumlah kabupaten / kota yang memenangkan penghargaan kabupaten / kota yang layak untuk 2019 anak-anak meningkat sekitar 40 persen dibandingkan dengan yang sebelumnya.

“Tahun ini 247 kabupaten / kota telah memenangkan penghargaan. Pada 2018, hanya 177 kabupaten / kota,” kata Deputi Pertumbuhan Anak, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Lenny N.Rosalin.

Penilaian kabupaten / kota yang memenuhi syarat untuk 2019 anak dilakukan dalam empat tahap. Pertama, penilaian independen terhadap 24 indikator oleh setiap kabupaten / kota secara online. Selanjutnya, tim yang terdiri dari tim independen dan tim dari kementerian / lembaga terkait melakukan verifikasi administratif, verifikasi lapangan hingga final. (*)

sumber : liputan6[dot]com

Share this :