EsaiOlahraga

KEINDAHAN GUNUNG ARJUNO

AFINEWS.CO.ID| Gunung Arjuno merupakan salah satu gunung dengan trek menantang yang terletak di perbatasan kabupaten Pasuruan dan Malang, Jawa Timur.

Gunung Arjuno diambil dari salah satu tokoh pewayangan Mahabrata, yaitu Arjuna. Gunung Arjuno (3339 Mdpl) dan Gunung Welirang (3156 Mdpl) merupakan dua gunung yang berdekatan yang  berada dalam pengawasan Taman Hutan Raya Soerjo.

Gunung Arjuno merupakan gunung tertinggi ke 2 setelah gunung Semeru. Di samping tingginya yang telah mencapai lebih dari 3000 meter, di gunung ini terdapat beberapa objek wisata.

Salah satunya adalah objek wisata yang juga merupakan salah satu jalur pendakian menuju puncak Gunung Arjuno. Meskipun selain objek wisata air terjun Kakek Bodo terdapat pula air terjun lain, tetapi para wisatawan jarang yang mendatangi air terjun lainnya, mungkin karena letak dan sarana wisatanya kurang mendukung.

Gunung Arjuno memiliki beberapa jalur pendakian, antara lain, Pendakian gunung Arjuno via Tretes, Pendakian gunung Arjuno via Purwosari, Pendakian gunung Arjuno via Lawang, Pendakian gunung Arjuno via Cangar.

Pendakian Gunung Welirang juga dapat didaki melalu pos perijinan Tretes yang menjadi satu dengan pos perijinan gunung Arjuno.

Basecamp pendakian gunung Arjuno via tretes

Dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Dari Surabaya pendaki bisa menaki kendaraan pribadi langsung ke basecamp pendakian gunung Arjuno atau menggunakan jasa transportasi umum dari terminal Bungurasih, Surabaya menuju pasar buah Pandaan.

Sedangkan dari Malang dari terminal Arjosari menaiki bus ke pasar buah Pandaan. Dari pasar buah Pandaan dilanjutkan dengan menaiki elf menuju Basecamp Tretes.

Pos Perijinan gunung Arjuno via Tretes

Pengurusan perijinan pendakian dilakukan via offline di pos perijinan Tretes ini. Ketinggian basecamp tretes ini 950 Meter di atas Permukaan Laut (MDPL) jadi dapat dibayangkan perjalanan panjang menuju 3339 MDPL.

Basecamp pendakian gunung Arjuno via Purwosari

Basecamp terletak di Dusun Tambak Watu, Kecamatan Purwosari :Jika naik bis bisa turun di pasar Purwosari langsung. Nah, dai pasar Purwosari  dapat menggunkaan angkutan umum/carter mobil  menuju pos perijinan di Dusun Tambak Watu.

Pos perijinan gunung Arjuno via Purwosari

Pengurusan perijinan pendakian dilakukan via offline di pos perijinan Tambak Watu. Ketinggian basecamp Tambak Watu ini 1000 Meter di atas Permukaan Laut (MDPL). Pendakian gunung Arjuno via Purwosari ini cukup terkenal akan petilasan yang selalu di kunjungi peziarah dari berbagai daerah.

Basecamp pendakian gunung Arjuno via Lawang

Basecamp terletak di desa Wonosari dekat dengan perkebunan teh. Dapat ditempuh menggunkan bus  bisa turun di pasar Lawang. Kemudian lanjut menaiki angkutan umum/carter mobil  menuju pos perijinan di desa Wonosari.

Pos perijinan gunung Arjuno via Lawang

Pengurusan perijinan pendakian dilakukan via offline di pos perijinan Wonosari. Basecamp Wonosari memiliki panorama indah perkebunan teh yang cukup luas dan memiliki udara yang begitu sejuk.

Basecamp pendakian gunung Arjuno via Cangar

Basecamp terletak di area wisata pemandian air panas Cangar yang dikelola oleh Taman Hutan Raya (Tahura) R. Soerjo.  Di sebut jalur Jurang Kwali karena di kawasan jalur ini terdapat banyak lembah dan jurang.

Nama desa yang dijadikan titik start pendakian ini dulunya disebut desa Jurang Kwali. Jalur ini juga disebut jalur Sumber Brantas karena memang nama desa ini lebih dikenal dengan sebutan desa Sumber Brantas.

Untuk mencapai lokasi awal pendakian, terdapat angkot yang bisa mengantar sampai ke pos awal pendakian. Dari terminal kota Batu, naik angkot warna jingga orange menuju Cangar.

Jangan lupa baca juga ( Menggapai Atap Tertinggi Jawa)

(Cak_Anam)

Share this :