Internasional

Korsel Kritik Jepang Pada Pertemuan WTO di Jenewa

AFINEWS.CO.ID| Korea Selatan mengkritik Jepang pada pertemuan Organisasi Perdagangan Dunia, WTO, terkait dengan persyaratan ekspor yang lebih ketat yang diberlakukan oleh Jepang pada beberapa bahan teknologi tinggi. Perwakilan dari Jepang dan Korea Selatan menghadiri pertemuan dewan eksekutif WTO di Jenewa pada Selasa (7/7/2019).

Jepang memberlakukan kontrol yang lebih ketat pada beberapa ekspor ke Korea Selatan pada Kamis (4/7/2019) untuk bahan yang digunakan untuk semikonduktor dan produk teknologi tinggi lainnya.

Duta Besar Korea Selatan Paik Ji-ah mengatakan bahwa hanya ekspor ke negaranya yang tunduk pada peraturan yang lebih ketat dan dia merasa bahwa langkah Jepang ini melanggar aturan WTO. Sementara itu, Duta Besar Jepang Junichi Ihara mengatakan bahwa Jepang meningkatkan pembatasan untuk alasan keamanan dan tidak melanggar aturan WTO.

Perkembangan ini terjadi beberapa bulan setelah Mahkamah Agung Korea Selatan memerintahkan beberapa perusahaan Jepang untuk membayar kompensasi kepada orang-orang yang mengatakan mereka dipaksa bekerja selama Perang Dunia II. Tokyo telah meminta Seoul untuk membentuk panel arbitrase untuk menyelesaikan masalah ini. Namun, Seoul belum menanggapi permintaan tersebut. (*)

Share this :