LokalNasional

Kronologis Fakta Kondisi Risma selama di rumah sakit

AFINEWS.CO.ID| Kondisi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mulai membaik. Tim dokter Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Soetomo juga telah memindahkan Risma, sapaan akrab Wali Kota Surabaya, ke bangsal rawat inap. Sementara itu, Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya M Fikser memastikan, pelayanan bagi warga di Pemerintah Kota Surabaya berjalan normal meski Risma masih menjalani perawatan. Seperti diketahui, hasil diagnosis dokter menyebutkan, Risma telah mengalami gangguan pernapasan atau asma serta maag. Kondisi tersebut memaksa Risma untuk dirawat secara intensif dan istirahat total.  Namun, tim dokter menolak untuk merinci indikasi penyakit lain yang dimungkinkan dialami Risma. Berikut ini fakta lengkap terkait kondisi terkini Wali Kota Surabaya:

1. Risma dipindah ke bangsal rawat inap

Tim dokter RSUD Dr Soetomo sudah memutuskan untuk memindahkan Risma ke ruang rawat inap di Graha Amerta, Minggu (30/6/2019) sekitar pukul 15.30 WIB. M Fikser membenarkan informasi tersebut dan menjelaskan bahwa kondisi Wali Kota Risma saat ini membaik. “Tadi sekitar pukul 15.30 WIB, Bu Wali sudah dipindahkan ke ruang rawat inap di Graha Amerta karena kondisinya sudah membaik,” kata Fikser, Minggu. Ia juga memastikan semua alat bantu yang sebelumnya dipasang di tubuh Risma sudah dilepas total.

2. Santap abon capcay untuk makan siang Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini

Menurut keterangan M Fikser, Wali Kota Risma mengaku bosan dengan makanan yang disediakan di rumah sakit. Risma meminta untuk disajikan bubur dan abon serta capcay untuk makan siang. “Kami koordinasi dengan tim dokter ternyata diperbolehkan. Akhirnya, tadi siang beliau makan capcay sesuai permintaannya. Katanya dokter memperbolehlan, asal bukan yang pedas-pedas,” kata dia. Selain itu, Risma juga sudah melakukan beberapa aktivitas lain setelah dipindahkan ke ruang rawat inap Fikser meminta warga Surabaya dan masyarakat untuk mendoakan kesehatan Risma agar segera pulih.

3. Kondisi membaik dan tak lagi minta disuapi Kondisi saat ini Risma sudah sangat berbeda dengan beberapa waktu lalu meskipun masih ada infus untuk membantu pemulihan kesehatannya. Menurut Fikser, perempuan wali kota pertama di Kota Surabaya itu sudah bisa berkomunikasi dengan pihak keluarga. Bahkan, Risma juga sudah bisa makan sendiri tanpa harus disuapi. “Sekarang Bu Wali sudah bisa berbicara dengan keluarga dan sudah bisa makan sendiri. Ini bukti bahwa (kondisi kesehatan) beliau terus membaik,” ujar dia.

4. Pemkot pastikan pelayanan warga tak terganggu Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menuliskan ucapan terimakasih lewat tulisan yang ditujukan kepada seluruh masyarakat yang turut mendoakan kesembuhannya. Risma saat ini masih terbaring di ruang ICU RSUD Dr Soetomo, Surabaya, Jawa Timur, namun kondisinya telah membaik. Fikser memastikan, pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan normal meski Wali Kota Risma masih menjalani perawatan. “Untuk sementara kegiatan rapat yang harus dipimpin oleh beliau (Risma) itu ditunda sampai kesembuhan beliau. Tetapi sistem pelayanan di Pemkot Surabaya secara keseluruhan berjalan normal,” kata Fikser, Jumat (28/6/2019). Menurut Fikser, Risma sebenarnya memiliki banyak agenda pekan ini, salah satunya menerima audiensi dari sejumlah pemangku kepentingan. Namun, karena Risma masih harus dirawat di rumah sakit, kata Fikser, pemohon audiensi bisa memahaminya. “Audiensi itu biasanya minta dukungan ke permerintah kota berupa field trip, meminta kehadiran Bu Risma langsung,” kata Fikser, Jumat (28/6/2019). Baca juga: Meski Risma Sakit, Pelayanan Pemkot Surabaya Tetap Berjalan Normal.

 

Share this :